Profil
sekolah :
Nama
Sekolah : SMP
Dharma Pancasila
Alamat
:
Jl. Dr. T. Mansyur No. 71-C, Medan
Uang
Sekolah : Rp.
225.000,-/Bulan
Tata letak
sekolah :
- Sekolah menghadap ke Timur
- Jumlah Kelas :
Kelas VII : 4
Kelas VII : 5
Kelas IX : 5
![]() |
Tampak Depan Sekolah |

Tampak Dalam Sekolah
Fasilitas
sekolah :
Terdapat
Mushalla, laboratorium IPA, green house, kantin di dua titik, ruang
komputer, ruang multimedia, ruang UKS/BP, perpustakaan, lapangan, ruang
pramuka, toilet di tiga titik, lokasi pembibitan tanaman, tata usaha, kamar
piala, dan taman.
Profil kelas
yang diobservasi :
ž Kelas
: VIIb
ž Pengajar
: Sri Hartati
ž Ketua Kelas
: Andra Yoga
ž Sekretaris
: Juwita
Sembiring
ž Bendahara
: Khairunissa
ž Pelajaran
: Geografi
ž Lama Observasi
: 45 menit
ž Jumlah Meja : 18
ž Jumlah Kursi : 36
ž Jumlah Siswa : 36
ž Peta
:
Ø Italia
Ø Benua Australia
Ø Brunei Darussalam
Ø Perancis
Ø Singapura
ž Terdapat :
Kalender
Papan tulis
Jam dinding
Papan Daftar Hadir
Lukisan Pahlawan
Gambar Presiden & Wakil Presiden
Pancasila
Cara berbicara :
- Baik.
- Pengajar menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
- Ada sebagian Siswa yang kurang menghargai apa yang dikatakan guru.
- Siswa kurang sopan karena berteriak-teriak.
Sorot tatap mata :
- Ada interaksi antara pengajar dan murid.ž
- Hanya murid-murid yang tempat duduknya di depan yang memperhatikan sedangkan yang dibelakang banyak yang bermain dan bahkan ada yang mengantuk.
- Ada siswa yang memperhatikan namun hanya diam dan menulis.
Body language:
- Pengajar mencoba untuk mengajak siswa aktif dengan memberi pertanyaan.
- Pengajar mencoba menerangkan dengan alat peraga dengan menggunakan tangan, pulpen atau apapun yang mudah untuk dimengerti oleh murid.
- Menggunakan pemisalan-pemisalan sehingga siswa mudah menangkap maksud pengajar.
- Kurang mampu untuk mengontrol keadaan kelas sehingga kelas tidak kondusif.
- Siswa kurang memberikan respon terhadap pelajaran yang di berikan.
EVALUASI
Persiapan yang kami lakukan sebelum memulai observasi adalah
sebagai berikut :
1. Mencari sekolah yang hendak di observasi
2. Membuat janji dengan pihak sekolah kapan akan
dilaksanakannya observasi
3. Membuat surat izin dari Fakultas untuk diserahkan pada
pihak sekolah sebagai bukti bahwa benar adanya tugas observasi tersebut
Persiapan untuk observasi :
1. Membagi tugas dengan para anggota
2. Menyiapkan barang-barang yang diperlukan untuk observasi
seperti kamera, alat tulis, dan snack untuk dibagikan kepada murid kelas yang
akan di observasi
Menciptaan Lingkungan yang Positif dalam Pembelajaran
ž Strategi umum mencakup
penggunaan gaya otoritatif dan menajemen aktivitas kelas secara efektif.
› Menggunakan Gaya Otoritatif
› Guru akan
punya murid yang cenderung mandiri
› Tidak cepat
puas
› Mau bekerja
sama dengan teman
› Menunjukkan
penghargaan diri yang tinggi
› Melibatkan murid
dengan kerja sama give-and-take
› Menunjukkan sikap
perhatian kepada mereka
Gaya manajemen kelas otoritarian dimana guru menjaga ketertiban di kelas bukan berfokus pada pengajaran dan pembelajaran. Murid di kelas cenderung pasif, tidak mau berinisiatif dalam beraktivitas, mengekspresian kekhawatiran tentang perbandingan sosial, dan memiliki ketrampilan komunikasi yang buruk.
Gaya manajemen kelas yang permisif memberi banyak otonomi para murid tapi tidak memberi banyak dukungan untuk pengembangan keahlian pembelajaran atau pegelolaan perilaku mereka. Murid memiliki keahlian akademik yang tidak memadai dan kontrol diri yang rendah.
Mengelola aktivitas kelas secara efektif
› Menunjukkan seberapa jauh mereka “mengikuti”. Guru akan selalu memonitor
murid secara regular
› Atasi situasi tumpang-tindih secara efektif. Guru yang efektif akan mampu
mengatasi situasi tumpang-tindih secara lebih baik.
› Menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran. Manajer yang efektif akan
menjaga aliran pelajaran tetap lancar, mempertahankan minat murid dan
menjaga agar murid tidak mudah terganggu.
› Libatkan murid dalam berbagai aktivitas yang menantang. Manajer kelas yang
efektif melibatkan murid dalam berbagai tantangan tetapi bukan aktivitas yang
terlalu sulit
Ada 3 strategi mengajak murid untuk bekerja sama yaitu:
1. Menjalin hubungan positif dengan murid.
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab.
3. Memberi hadiah pada perilaku yang tepat.
1. Menjalin hubungan positif dengan murid.
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab.
3. Memberi hadiah pada perilaku yang tepat.
Keterampilan Berbicara
Beberapa strategi berbicara secara jelas di depan kelas antara lain :
·
Menggunakan
tata bahasa dengan benar.
·
Memilih kosakata yang mudah dipahami
dan tepat bagi level grade murid.
·
Menetapan strategi untuk
meningkatkan kemampuan murid dalam memahami hal yang dikatakan guru.
·
Berbicara
dengan tempo yang tepat tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
·
Menggunakan
perencanaan dan pemikiran logis.
Analisa
Bila dilihat dari cara guru menyampaikan materi bahwa sebenarnya guru
tersebut sudah dapat dikatakan memiliki keterampilan bicara yang baik karena
guru menggunakan tata bahasa yang benar, berbicara dengan tempo yang
tepat yang tidak terlalu cepat dan tida terlalu lambat, menggunakan
kosakata yang mudah dimengerti murid, dan tidak menyampaian hal-hal yang kabur. Tetapi ada sebagian murid
yang tidak menghargai dan mendengarkan saat guru mengajar, mereka
melakukan aktivitas yang lainnya, seperti berteriak-teriak dan bermain.
Guru juga mengajak murid untuk bekerja sama seperti menjalin hubungan yang
positif terhadap murid lainnya, hal
ini terlihat dari bagaimana pendapat beberapa murid tentang guru tersebut
seperti menyenangkan, baik, tepat waktu dan mudah di mengerti. Guru ini juga mengajak murid untuk
berbagi dan mengemban tanggung jawab, hal ini terlihat dari ada struktur
kelas di dalam kelas tersebut yang terdapat ketua kelas, sekretaris, dan bendahara.
Tetapi untuk menjadi manajer kelas yang efektif, guru ini
belum dapat dikatakan sebagai manajer kelas yang efektif karena guru ini kurang
dapat mengontrol kelas sehingga kelas tidak kondusif yang berarti guru tersebut
tidak memperhatikan sejauh mana muridnya mengikuti pelajaran dan kurang menjaga
kelancaran dan kontuinitas pelajaran.
EVALUASI
Persiapan yang kami lakukan sebelum memulai observasi adalah
sebagai berikut :
1. Mencari sekolah yang hendak di observasi
2. Membuat janji dengan pihak sekolah kapan akan
dilaksanakannya observasi
3. Membuat surat izin dari Fakultas untuk diserahkan pada
pihak sekolah sebagai bukti bahwa benar adanya tugas observasi tersebut
Persiapan untuk observasi :
1. Membagi tugas dengan para anggota
2. Menyiapkan barang-barang yang diperlukan untuk observasi
seperti kamera, alat tulis, dan snack untuk dibagikan kepada murid kelas yang
akan di observasi.
Dokumentasi :

Jam istirahat

Kelompok 6 (dari kiri-kanan : Flora,Irvine,Rizki,Hanna,Reza)

Jam Istirahat di kantin sekolah

Guru menerangkan pelajaran Geografi
![]() |
Piala yang diraih dari berbagai kompetisi |
![]() |
Lokasi Pembibitan untuk menerapkan kepedulian terhadap lingkungan di diri siswa |
![]() |
Ruang Komputer |
![]() |
Berfoto Bersama Anak Kelas |
![]() |
Bersama siswa favorit dikelas |
Ketua Kelompok :
-
Reza Al Fariz (13-113)
Anggota Kelompok :
-
Irvine Talenta (11-088)
-Rizki Wadiyah (13-037)
-Hanna Chairunnisa Lubis
-Flora Liharni Purba (13-123)
No comments:
Post a Comment