maroon5-moveslikejagger

Monday, March 10, 2014

Psikologi Pendidikan dan Teknologi


Psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. 
Pengajaran : Proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar.
Pembelajaran :  Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Sejarah...
1. William James
      Eksperimen di laboratorium tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mengajar anak secara efektif. Penting mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas. Si pendidik mengharuskan mempunyai tingkat kemampuan yang lebih tinggi, agar bisa membuka cakrawala berfikir si anak didik.
2. John Dewey
    - Anak harus belajar aktif, tidak hanya duduk diam dikelas saja.
    - Anak-anak seharusnya tidak belajar akademik saja dan harus beradaptasi di luar sekolah.
    - Pendidikan berhak didapatkan semua orang.
3. E.L Thorndike
    Tugas pendidikan disekolah yang terpenting adalah menanamkan keahlian penalaran pada anak.
   - kemampuan abstraksi 
   - kemampuan mekanik
   - kemampuan sosial

Cara Mengajar Yang Efektif
1. Pengetahuan dan Keahlian yang Profesional
  - Penguasaan materi pelajaran
  - Strategi pengajaran
  - Pemahaman ; anak secara efektif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman
  - keahlian manajemen kelas
  - keahlian motivasional
  - keahlian komunikasi
  - bekerjasama secara efektif dengan murid dari latar belakang kultural
  - keahlian teknologi. memakai teknologi yang terbaik dan terkini agar anak dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
2. Komitmen dan Motivasi

  - membawa sikap positif dan semangat kedalam kelas.
  - membuat kelas menjadi nyaman

Keahlian Teknologi
Teknologi itu sendiri tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar murid. Dibutuhkan syarat atau kondisi lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung proses belajar murid. Kondisi-kondisinya salah satunya adalah ; guru yang menguasai teknologi untuk pengajaran.
Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan komputer kedalam proses belajar dikelas. integrasi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid, termasuk kebutuhan mempersiapkan murid untuk mencari pekerjaan dimasa depan, yang akan sangat membutuhkan keahlian teknologi dan keahlian berbasis komputer.
Guru yang efektif tahu cara menggunakan komputer dan cara mengajar murid untuk menggunakan komputer untuk menulis dan berkreasi. Guru yang efektif bisa mengevaluasi efektivitas games intruksional dan simulasi komputerm tahu cara menggunakan dan mengajari murid untuk menggunakan alat komunikasi komputer seperti internet. dan, guru yang efektif memahami dengan baik perangkat penting lainnya untuk mendukung pembelajaran murid yang cacat. 

National Education Technology Standarts (NETS) sedang mengembangkan :
- Standar landasan teknologi untuk murid, yang mendeskripsikan apa yang harus diketahui oleh murid tentang teknologi dan tentang apa yang dapat dilakukan dengan teknologi tersebut.
- Standar penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar, yang mendeskripsikan bagaimana teknologi harus dipakai dalam kurikulum untuk belajar, mengajar, dan manajemen instruksional.
- Standar pendukung teknologi pendidikan, yang mendeskripsikan sistem,akses, pengembangan staf, dan perangkat teknologi secara efektif,
-Standar untuk penilaian murid dan evaluasi penggunaan teknologi, yang mendeskripsikan beragam cara untuk menilai kemajuan murid dan mengevaluasi penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar.
dan terakhir, teknologi sangat efektif untuk mengajar dan sekaligus belajar.

Sekian tentang Psikologi Pendidikan dan Teknologi. Semoga bermanfaat. Terimakasih (:

No comments:

Post a Comment